Sapala Gemafisa


EKSPEDISI KAKI GUNUNG SLAMET

GEMAFISA (Gerakan Pemuda Fiesabilillah Subulussalam) ini merupakan bagian dari ekstrakulikuler baru yang dibentuk oleh Ponpes Modern Muhammadiyah Subulus Salam. Anggotanya terdiri dari kelas 4 dan 5 dengan jumlah sekitar 16 santri. Tujuan dibentuknya program ini tentunya selain memberikan pengajaran dan pengalaman tentang alam, juga sebagai wadah dan support untuk mereka yang memiliki minat dan bakat pada alam dan sekitarnya.

Alhamdulillah program perdana Gemafisa telah terlaksana yaitu ekspedisi kaki gunung Slamet pada tanggal 8-10 Desember 2020. Para santri sangat antusias mengikuti kegiatan ini, dengan persiapan yang matang baik itu dari segi logistik, perlengkapan p3k, tenda, transportasi dan lain-lain.

Selama tiga hari tersebut, para santri diberikan materi dan pengalaman yang mengesankan, dari segi cara bertahan hidup di alam bebas, apa yang harus dilakukan ketika berada dalam situasi darurat, tentang kepedulian sosial dan alam, dan masih banyak lagi pengalaman yang didapat.

Tak hanya tentang ilmu alam saja, para santri juga mendapatkan ilmu keagamaan, yakni bagaimana cara bersuci, ibadah, serta cara bertahan hidup yang sesuai dengan tuntunan syari’at. Dua ilmu tersebut diharapkan dapat menjadikan para santri menjadi semakin kompak, solid, peduli terhadap saudara dan alam sekitarnya dan yang paling utama adalah selalu tunduk dan taat kepada perintah Allah subhanahu wata’ala dimanapun mereka berada.

Dengan demikian harapan kami bahwa program ini tak hanya dapat memberikan pengalaman pada para santri saja, namun juga dapat memberikan manfaat kepada pondok pesantren, masyarakat serta alam sekitar.

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PANTUN SANTRI

PENERIMAAN SANTRI BARU TAHUN 2017-2018

INFORMASI PENERIMAAN SANTRI BARU T.P 2018/ 2019

KISAH NYATA GRESS

NENEK

KISAH APIK